05/07/15

Catatan Penting Dalam Pembuatan atau Perancangan Suatu Aplikasi

Catatan Penting Dalam Pembuatan atau Perancangan Suatu Aplikasi_

Catatan Penting Dalam Pembuatan atau Perancangan Suatu Aplikasi - Yang dimaksud adalah pembuatan aplikasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (seperti membuat program aplikasi atau merancang sistem administrasi, dan sejenisnya).

1. Bidik Bidang Usaha
Pertama-tama, silakan Anda pilih bidang usaha yang akan menjadi bahan penelitian Anda. Pemilihan ini dilakukan sedapatnya sesuai dengan minat atau yang erat dengan kehidupan Anda sehari-hari. Misalkan Anda memilih “Apotek.”

2. Tentukan Unit Kerja
Selanjutnya, dari Apotek tersebut, tentukan Anda (seakan-akan) bekerja di bagian (unit kerja) mana. Misalkan di bagian “Penjualan Obat”-nya.

3. Tema
Dari butir 2 di atas, Anda sudah tahu bahwa tema yang Anda ambil adalah “Penjualan.” Dengan demikian, minimal, di Landasan Teori Anda harus ada teori yang berkaitan dengan “Penjualan” atau “Pemasaran.” Misalkan, jenis-jenis pasar, jenis-jenis penjualan (tunai, cicil, dsb.), dan sebagainya.

4. Koleksi Permasalahan
PI dibuat karena adanya masalah, tanpa masalah, PI tidak bisa dibuat. Teliti dan catat masalah-masalah yang berkaitan dengan tema di unit kerja yang Anda pilih. “Ada masalah-masalah apa di bagian penjualan obat ?.” Misalkan (1) barang yang akan dibeli konsumen sering habis, (2) susah menghitung uang hasil penjualan setiap harinya, (3) diperlukan waktu yang lama untuk membuat laporan harian tentang jumlah barang yang terjual, (4) kekurangan tenaga penjual yang harus mengantar pesanan obat/ delivery order, (5) dan seterusnya, sebanyak mungkin.

Permasalahan di atas “diceritakan” di Latar Belakang Masalah.

5. Batasi Masalah yang Akan Dipecahkan
Tidak semua masalah yang ada di Latar Belakang Masalah akan dipecahkan di PI ini. Jika PI Anda akan membuat perancangan sistem mengenai penjualan obat di apotek, maka Anda tidak akan membahas masalah kekurangan tenaga penjual. Dengan demikian di Batasan Masalah, Anda harus “menceritahan,” masalah yang mana saja yang akan Anda pecahkan, dan dengan tools apa saja Anda akan memecahkan masalah tersebut (tools juga dibatasi, karena tidak semua tools akan Anda gunakan). Tools dapat terdiri dari programming language yang Anda pilih, atau metoda-metoda, atau teknik-teknik perancangan sistem, dan sebagainya. Tools sesungguhnya bukanlah teori ! (namun, untuk memberi gambaran seperlunya, silakan letakkan di Landasan Teori).

6. Daya Tarik
PI harus memiliki daya tarik, baik daya tarik untuk menganalisis masalah (rumitnya masalah) maupun daya tarik untuk mendapatkan nilai jual (bila selesai dibuat, produk PI bisa dipasarkan juga.) Jangan membuat PI untuk hal-hal yang “justru karena harus menggunakan komputer, malah menjadi rumit atau merugikan.” Misalnya, jangan membuat “Perancangan Sistem di Warung Tegal” yang warungnya cuma satu buah. “Program Penjualan Rokok Secara Tunai di Toko X” yang cuma ada transaksi maksimal sepuluh kali setiap harinya.

Seperti contoh yang diambil di atas, bagaimana penjualan obat bisa dilakukan secara tunai (untuk pasien), dan secara utang mingguan (untuk klinik), dan ada potongan harga atau bonus-bonus tertentu, dan sebagainya (lihat di teori pemasaran).

7. Aplikatif
Karena PI yang Anda buat bersifat aplikatif, maka program harus dibuat seaplikatif mungkin (user friendly, easy to use, error free, good input-output design) dengan tersedianya beberapa fungsi (dapat berupa icons) yang berguna bagi pemakai, seperti fungsi help, history, dan sebagainya.

Sekian artikel Catatan Penting Dalam Pembuatan atau Perancangan Suatu Aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *