14/07/15

Tipe Scanning dan Cara Menyelidiki Sistem Pada Jaringan

Tipe Scanning dan Cara Menyelidiki Sistem Pada Jaringan - Server tugasnya adalah melayani client dengan menyediakan service yang dibutuhkan. Server menyediakan service dengan bermacam-macam kemampuan, baik untuk lokal maupun remote. Server listening pada suatu port dan menunggu incomming connection ke port. Koneksi bisa berupa lokal maupuan remote.

Tipe Scanning dan Cara Menyelidiki Sistem Pada Jaringan

Port sebenarnya suatu alamat pada stack jaringan kernel, sebagai cara dimana transport layer mengelola koneksi dan melakukan pertukaran data antar komputer. Port yang terbuka mempunyai resiko terkait dengan exploit. Perlu dikelola port mana yang perlu dibuka dan yang ditutup untuk mengurangi resiko terhadap exploit.

Ada beberapa utility yang bisa dipakai untuk melakukan diagnosa terhadap sistem service dan port kita. Utility ini melakukan scanning terhadap sistem untuk mencari port mana saja yang terbuka, ada juga sekaligus memberikan laporan kelemahan sistem jika port ini terbuka.

Port Scanner merupakan program yang didesain untuk menemukan layanan (service) apa saja yang dijalankan pada host jaringan. Untuk mendapatkan akses ke host, cracker harus mengetahui titik-titik kelemahan yang ada. Sebagai contoh, apabila cracker sudah mengetahui bahwa host menjalankan proses ftp server, ia dapat menggunakan kelemahan-kelemahan yang ada pada ftp server untuk mendapatkan akses. Dari bagian ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa layanan yang tidak benar-benar diperlukan sebaiknya dihilangkan untuk memperkecil resiko keamanan yang mungkin terjadi.

Type Scanning

connect scan
Jenis scan ini konek ke port sasaran dan menyelesaikan three-way handshake (SYN, SYN/ACK, dan ACK). Scan jenis ini mudah terdeteksi oleh sistem sasaran.

TCP SYN scan
Teknik ini dikenal sebagai half-opening scanning karena suatu koneksi penuh TCP tidak sampai terbentuk. Sebaliknya, suatu paket SYN dikirimkan ke port sasaran. Bila SYN/ACK diterima dari port sasaran, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa port itu berada dalam status LISTENING. Suatu RST/ACT akan dikirim oleh mesin yang melakukan scanning sehingga koneksi penuh tidak akan terbentuk. Teknik ini bersifat siluman dibandingkan TCP connect penuh, dan tidak aka tercatat pada log sistem sasaran.

TCP FIN scan
Teknik ini mengirim suatu paket FIN ke port sasaran. Berdasarkan RFC 793, sistem sasaran akan mengirim balik suatu RST untuk setiap port yang tertutup. Teknik ini hanya dapat dipakai pada stack TCP/IP berbasis UNIX.

TCP Xmas Tree scan
Teknik ini mengirimkan suatu paket FIN, URG, dan PUSH ke port sasaran. Berdasarkan RFC 793, sistem sasaran akan mengembalikan suatu RST untuk semua port yang tertutup.

TCP Null scan
Teknik ini membuat off semua flag. Berdasarkan RFC 793, sistem sasaran akan mengirim balik suatu RST untuk semua port yang terturup.

TCP ACK scan
Teknik ini digunakan untuk memetakan set aturan firewall. Dapat membantu menentukan apakah firewall itu merupakan suatu simple packet filter yang membolehkan hanya koneksi-koneksi tertentu (koneksi dengan bit set ACK) atau suatu firewall yang menjalankan advance packet filtering.

TCP Windows scan
Teknik ini dapat mendeteksi port-port terbuka maupun terfilter/tidak terfilter pada sistem-sistem tertentu (sebagai contoh, AIX dan FreeBSD) sehubungan dengan anomali dari ukuran windows TCP yang dilaporkan.

TCP RPC scan
Teknik ini spesifik hanya pada system UNIX dan digunakan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi port RPC (Remote Procedure Call) dan program serta normor versi yang berhubungan dengannya.

UDP scan
Teknik ini mengirimkan suatu paket UDP ke port sasaran. Bila port sasaran memberikan respon berupa pesan “ICMP port unreachable” artinya port ini tertutup. Sebaliknya bila tidak menerima pesan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa port itu terbuka. Karena UDP dikenal sebagai connectionless protocol, akurasi teknik ini sangat bergantung pada banyak hal sehubungan dengan penggunaan jaringan dan system resource. Sebagai tambahan, UDP scanning merupakan proses yang amat lambat apabila anda mencoba men-scan suatu perangkat yang menjalankan packet filtering berbeban tinggi.

Beberapa Tools dan Cara Scanning ke Sistem

Netstat
Netstat merupakan utility yang powerfull untuk menngamati current state pada server, service apa yang listening untuk incomming connection, interface mana yang listening, siapa saja yang terhubung.

Nmap
Merupakan software scanner yang paling tua yang masih dipakai sampai sekarang.

Nessus
Nessus merupakan suatu tools yang powerfull untuk melihat kelemahan port yang ada pada komputer kita dan komputer lain. Nessus akan memberikan report secara lengkap apa kelemahan komputer kita dan bagaimana cara mengatasinya.

Contoh Scanning menggunakan nmap tipe tcp syn scan :

# nmap -sT -v 192.168.0.10

Starting nmap 3.81 ( http://www.insecure.org/nmap/ ) at 2005-04-11 12:30 EDT
Initiating Connect() Scan against 192.168.0.10 [1663 ports] at 12:30
Discovered open port 3389/tcp on 192.168.0.10
Discovered open port 80/tcp on 192.168.0.10
Discovered open port 3306/tcp on 192.168.0.10
Discovered open port 445/tcp on 192.168.0.10
Discovered open port 139/tcp on 192.168.0.10
Discovered open port 520/tcp on 192.168.0.10
Discovered open port 135/tcp on 192.168.0.10
The Connect() Scan took 1.45s to scan 1663 total ports.
Host 192.168.0.10 appears to be up ... good.
Interesting ports on 192.168.0.10:
(The 1656 ports scanned but not shown below are in state: closed)
PORT STATE SERVICE
80/tcp open http
135/tcp open msrpc
139/tcp open netbios-ssn
445/tcp open microsoft-ds
520/tcp open efs
3306/tcp open mysql
3389/tcp open ms-term-serv
MAC Address: 00:30:48:11:AB:5A (Supermicro Computer)

Nmap finished: 1 IP address (1 host up) scanned in 2.242 seconds



Tipe Scanning dan Cara Menyelidiki Sistem Pada Jaringan 1


TUGAS PENDAHULUAN

1. Sebutkan langkah dasar yang biasa dipakai untuk melakukan proses hacking!
2. Sebutkan cara penggunaan netstat dan option-option yang dipakai serta arti option tersebut?
3. Sebutkan cara pemakaian software nmap dengan menggunakan tipe scanning:
  • TCP Connect scan
  • TCP SYN Scan
  • TCP FIN scan
  • TCP Xmas Tree scan
  • TCP null scan
  • TCP ACK scan
  • TCP Windows scan
  • TCP RPC scan
  • UDP scan
  • OS fingerprinting
4. Apa kegunaan dari utility chkconfig?
5. Bagaimana cara mematikan dan menghidupkan service yang ada
6. Sebutkan cara pemakaian software nessus untuk melihat kelemahan sistem jaringan kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *