18/06/15

Contoh Tugas Makalah Strategi Algoritma

Contoh Tugas Makalah Strategi Algoritma_

Contoh Tugas Makalah Strategi Algoritma - Mahasiswa Teknik Informatika sebaiknya tidak hanya mampu membangun program aplikasi, tetapi juga diharapkan mampu menulis karya ilmiah. Dengan membuat tulisan, maka berbagai pemikiran, karya, maupun, penelitian di bidang Informatika dapat dikomunikasikan ke tengah masyarakat. Salah satu mata kuliah dasar di Teknik Informatika adalah IF2211 Strategi Algoritma. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah IF2211 diwajibkan menulis sebuah makalah ilmiah dengan memilih salah satu topik strategi algoritma (lihat penjelasan tugas di bawah ini). Dengan menulis makalah maka kita telah ikut mendokumentasikan pengetahuan dan berbagi ilmu dengan orang lain.

Tujuan penulisan makalah :
  1. Memotivasi mahasiswa agar memiliki kemampuan menulis untuk menuangkan ide-ide atau hasil risetnya;
  2. Melakukan eksplorasi terhadap isu, metode, dan masalah yang dipelajari dalam pengembangan serta menyebarkan aplikasi yang mendukung teknologi informasi;
  3. Sebagai media untuk berbagi informasi hasil-hasil pemikiran dan penelitian. Semua makalah mahasiswa akan dimuat di dalam website dosen, sehingga siapa pun dapat melihat dan membaca karya ilmiah mahasiswa Teknik Informatika Tahun kedua;

1. Deskripsi Tugas

Buatlah makalah ilmiah yang berupa technical report yang berkaitan dengan strategi algoritmik dengan memilih salah satu dari topik berikut:
  1. Algoritma Brute Force.
  2. Algoritma Greedy.
  3. Algoritma Divide and Conquer.
  4. DFS dan BFS.
  5. Algoritma Runut-balik (backtracking).
  6. Algoritma Branch and Bound.
  7. Program Dinamis.
  8. Pencocokan String. 
  9. Teori P, NP, dan NP Complete

2. Ruang Lingkup
Makalah harus berisi laporan penggunaan salah satu metode di dalam strategi algoritmia (baik yang sudah dijelaskan di dalam kuliah maupun metode baru) untuk menyelesaikan suatu masalah. Kata kunci di sini adalah: kontribusi. Di dalam makalah itu tergambar kontribusimu, jadi tidak sekadar studi literatur atau kompilasi berbagai sumber saja. Lebih bagus lagi jika makalah didukung dari hasil eksperimen (hasil pengujian dengan program yang dibuat). Spesifikasi teknis program tidak perlu ditulis di dalam makalah, dan makalah tidak perlu dilampirkan dengan kode program.

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan susunan penulisan yang terdiri dari: judul, nama penulis dan instansi, abstrak (maksimal 200 kata), kata kunci, isi makalah, apendiks (jika ada), dan daftar pustaka. Jumlah halaman penulisan makalah minimal 6 halaman dan maksimal 10 halaman.

Naskah ditulis pada kertas berukuran A4 dengan format terlampir. Template makalah dapat diunduh dari situs www.informatika.org/~rinaldi.

Makalah tidak boleh sama dengan makalah yang sudah dibuat pada tahun-tahun sebelumnya, selain itu belum pernah diberikan di dalam kuliah. Makalah tidak boleh berupa saduran, terjemahan, atau plagiasi dari makalah orang lain. Pada bagian akhir makalah (setelah daftar referensi harus ada pernyataan bahwa makalah bukan plagiasi dan ditandatangani dengan Microsoft Paint).


3. Pengumpulan Tugas

Makalah ini dibuat per orang. Makalah dikumpulkan pada saat UAS dalam dua bentuk:
  1. Hardcopy: print out dari makalah.
  2. Softcopy: dalam format PDF, dikirim langsung ke alamat e-mail: email@gmail.org


4. Lain-lain
  • Jangan menjadikan Wikipedia sebagai salah satu daftar referensi . Boleh menjadikan Wikipedia sebagai bahan bacaan awal, tetapi gunakan referensi yang terdapat di laman Wikipedia tersebut sebagai daftar referensi.
  • Semua gambar, tabel, diagram, dan lain-lain yang diambil dari karya orang lain dan dipakai di dalam makalah harus disebutakn sumbernya.
  • Jangan sekali-kali melakukan copas meskipun terjemahan, tulislah kembali dalam gaya bahasa anda sendiri dan sebutkan sumbernya (jika dikutip seluruhnya).
  • Setiap makalah diberi tanda tangan (digitized signature) pada akhir makalah (setelah pernyataan). 
  • Jangan mengakali jumlah halaman dengan memuat banyak gambar. 

Sekian artikel Contoh Tugas Makalah Strategi Algoritma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *