30/06/15

Rangkaian Lampu Berkedip Menggunakan IC 7400

Rangkaian Lampu Berkedip Menggunakan IC 7400_

Rangkaian Lampu Berkedip Menggunakan IC 7400 - Dalam dunia telematika, sinyal atau isyarat jarak jauh masih diperlukan. Misalnya pada pengontrolan jalur kereta api, masih diperlukan sinyal – sinyal yang berkedip. Para kalangan advertising juga sangat sering memerlukan sinyal – sinyal kedipan lampu untuk menarik perhatian konsumen. Hal inilah yang membuat dornongan untuk membuat sebuah rangkaian pembangkit sinyal kedip dimana rangkaian tersebut haruslah sangat sederhana dan efisien.

Rangkaian ini bertujuan untuk menghasilkan tegangan pada 2 buah LED bergantian, sehingga LED akan berkedip secara bergantian. Pada dasarnya rangkaian ini adalah multivibrator astable yang menghasilkan dua keadaan yang tidak pernah stabil pada salah satu keadaan.

Lampu berkedip dibangun atas satu paket IC 7400 yang terdiri atas 4 gerbang NAND. Dengan susunan seperti pada gambar maka rangkaian ini cukup sederhana.

Rangkaian Lampu Berkedip Menggunakan IC 7400 2_

gambar 1. Rangkaian lampu berkedip

Perioda siklus ditentukan oleh resistansi dan kapasitansi pada rangkaian serta waktu delay pada tiap – tiap gerbang. Adanya waktu delay tersebut memungkinkan osilasi pada rangkaian dimana keluaran gerbang diumpan balik dengan terlebih dahulu ditahan (delay) oleh gerbang yang lain. Dengan demikian terjadilah proses osilasi yang mengakibatkan tegangan atau logika pada LED akan “bermain” bervariasi dari logika high ke logika low.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *