A. DEFENISI DAN TUJUAN MANAJEMEN
1. Defenisi Manajemen
- James A.F. Stoner : Manajemen Sebagai Proses
- Mary Parker Follett : Manajemen Sebagai Seni
- Luther Gulick : Manajemen Sebagai Ilmu
2. Tujuan Manajemen
- Untuk mencapai tujuan
- Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
- Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.
Efisiensi adalah
Efektivitas adalah
Peter Drucker : efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things), sedangkan efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right).
B. FUNGSI-FUNGSI, KEGIATAN DAN PERAN MANAJEMEN
1. Fungsi-Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli
- Prof. Drs. Oey Liang Lee : Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengkoordinasian, Pengontrolan.
- Koont O’Donnel dan Niclander : Planning, Organizing, Staffing, Directing dan Controlling.
- Newman : Planning, Organizing, Assembling resources, Directing dan Controlling.
- Louis A. Alen : Memimpin, Merencanakan, Menyusun dan Mengawasi.
- George R. Terry : Planning, Organizing, Actuating and Controlling, yang sering disingkat menjadi POAC.
- Henry Fayol : Planning and Forecasting, Organizing, Commanding, Coordinating and Controlling.
- Hebert G. Hicks : Creating, Planning, Organizing, Motivating, Communicating and Controlling.
- Luther Gulick : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting and Budgeting, yang sering disingkat POSDCORB.
Fungsi-Fungsi
Manajemen, Tujuan dan Aktivitasnya
|
||
Fungsi
|
Tujuan
|
Aktivitas
|
Perencanaan
(Planning)
|
|
|
Pengorganisasian
(Organizing)
|
|
|
Penyusunan Personalia
(Staffing)
|
|
|
Pengarahan
(Leading, Directing, Motivating, Actuating)
|
|
|
Pengendalia/
Pengawasan
(Controlling)
|
|
|
2. Kegiatan-Kegiatan Manajer
- Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain.
- Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
- Manajer bertanggungajawab dan mempertanggungjawabkan.
- Manajer harus berpikir secara analis dan konsptual.
- Berperan sebagai mediator, politisi dan diplomat (sebagai wakil/repesentatif).
- Menetapkan keputusan-keputusan.
3. Peran-Peran Manajer
Henry Mintzber mengelompokkan perilaku-perilaku manajer menjadi 3 (tiga) bidang peran :
C. KLASIFIKASI DAN KETRAMPILAN MANAJEMEN
- Peran antar pribadi : sebagai tokoh (figure), pemimpin, penghubung.
- Peran informasional : sebagai pemantau, penyebar, juru bicara.
- Peran pengambil keputusan : sebagai wiraswasta, peredam keributan, perunding.
C. KLASIFIKASI DAN KETRAMPILAN MANAJEMEN
1. Klasifikasi Manajemen
a. Berdasarkan tingkatan dalam organisasi
a. Berdasarkan tingkatan dalam organisasi
- Manager lini pertama (first line manager)
- Manager menengah (middle manager)
- Manager puncak (top manager)
b. Berdasarkan lingkup tugasnya (kegiatannya) :
- Manajer umum
- Manajer fungsional
c. Berdasarkan Fungsi Utama Manajemen
- Manajemen Administrasi
- Manajemen Operatif :
2. Keterampilan manager :
Robert L. Katz mengemukakan tiga jenis ketrampilan managerial, yaitu :
- Ketrampilan teknis (technical skill)
- Ketrampilan manusiawi (human skill)
- Ketrampilan konseptual (conceptual skill)
Sekian Artikel Pengertian dan Ruang Lingkup Manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar