Contoh sebuah sudoku:
Kotak-kotak
di dalam sudoku harus diisi dengan angka 1 sampai 9 sedemikian sehingga :
- Tidak ada angka yang sama (berulang) pada setiap baris;
- Tidak ada angka yang sama (berulang) pada setiap kolom;
- Tidak ada angka yang sama (berulang) pada setiap bujursangkar (persegi) yang lebih kecil.
Solusi Sudoku di atas adalah :
- Tulislah program kecil (sederhana) dalam Bahasa C/C++/Java/Phyton yang mengimplementasikan algoritma Brute Force untuk mencari solusi sebuah sudoku.
- Input: sebuah file teks yang berisi matriks berukuran 9 x 9 yang menyatakan kondisi awal sebuah sudoku. Nilai nol pada matriks merepresentasikan sel kosong.
- Output:
a. Bujur Sangkar sudoku (lihat contoh),
b. Jumlah iterasi yang dibutuhkan (satu iterasi diartikan sebagai satu usaha untuk menempatkan satu nilai pada sebuah sel,
c. Waktu eksekusi (tidak termasuk pembacaan file input).
• Contoh masukan 1:
5 3 0 0 7 0 0 0 0
6 0 0 1 9 5 0 0 0
0 9 8 0 0 0 0 6 0
8 0 0 0 6 0 0 0 3
4 0 0 8 0 3 0 0 1
7 0 0 0 2 0 0 0 6
0 6 0 0 0 0 2 8 0
0 0 0 4 1 9 0 0 5
0 0 0 0 8 0 0 7 9
---------------------
Waktu eksekusi = …
· Contoh masukan 2:
· Contoh masukan 3:
· Contoh masukan 4: sembarang dari Anda
Yang dikumpulkan:
5 3 4 | 6 7 8 | 9 1 2
6 7 2 | 1 9 5 | 3 4 8
1 9 8 | 3 4 2 | 5 6 7
---------------------
8 5 9 | 7 6 1 | 4 2 3
4 2 6 | 8 5 3 | 7 9 1
7 1 3 | 9 2 4 | 8 5 6
---------------------
9 6 1 | 5 3 7 | 2 8 4
2 8 7 | 4 1 9 | 6 3 5
3 4 5 | 2 8 6 | 1 7 9
----------------------
Jumlah iterasi = … Waktu eksekusi = …
· Contoh masukan 2:
9 0 0 1 0 4 0 0 2
0 8 0 0 6 0 0 7 0
0 0 0 0 0 0 0 0 0
4 0 0 0 0 0 0 0 1
0 7 0 0 0 0 0 3 0
3 0 0 0 0 0 0 0 7
0 0 0 0 2 0 0 0 0
0 3 0 0 7 0 0 8 0
1 0 0 0 0 9 0 0 0
0 0 0 0 0 0 0 0 0
0 0 0 0 0 3 0 8 5
0 0 1 0 2 0 0 0 0
0 0 0 5 0 7 0 0 0
0 0 4 0 0 0 1 0 0
0 9 0 0 0 0 0 0 0
5 0 0 0 0 0 0 7 3
0 0 2 0 1 0 0 0 0
0 0 0 0 4 0 0 0 9
· Contoh masukan 4: sembarang dari Anda
Yang dikumpulkan:
- Laporan yang hanya berisi:
1. Algoritma brute force (notasi pseudo-code)
2. Source program
3. Input dan output (minimal 4 contoh) - Dilarang keras copy paste program dari Internet atau dari kakak kelas. Program harus dibuat sendiri.
- Tambahkan cek list berikut (centang dengan Ö) di dalam laporan anda untuk memudahkan Asisten dalam menilai:
Poin
|
Ya
|
Tidak
|
1.
Program berhasil dikompilasi
|
|
|
2.
Program berhasil running
|
|
|
3.
Program dapat membaca file input dan menuliskan
keluaran.
|
|
|
4.
Keluaran sudah benar (solusi sudoku benar)
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar