15/06/15

Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi Dalam Manajemen

Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi Dalam Manajemen_

Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi Dalam ManajemenSetelah sebelumnya Kos Kuliah membahas Pengorganisasian dan Struktur Dalam Organisasi dan Pengertian Koordinasi Dan Rentang Manajemen Beserta Contoh, kali ini kita akan membahas tentang Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi Dalam Manajemen.

A. PENGERTIAN WEWENANG, KEKUASAAN, DAN PENGARUH

1. WEWENANG (Authority)

a. Pengertian Wewenang : Hak dan kekuasaan untuk bertindak.
b. Pandangan-Pandangan Mengenai Sumber Wewenang :
  • Teori Formal (Pandangan Klasik)
  • Teori Penerimaan

2. KEKUASAAN (POWER)

a. Pengertian Kekuasaan : Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku

b. Sumber-Sumber Kekuasaan :
  • Kekuasaan balas jasa (reward power)
  • Kekuasaan paksaan (coercive power)
  • Kekuasaan sah (legitimate power)
  • Kekuasaan pengendalian informasi (control of information power)
  • Kekuasaan panutan (referent power)
  • Kekuasaan ahli (expert power)

3. PENGARUH (INFLUENCE)

a. Pengertian Pengaruh

b. Sumber-Sumber Pengaruh


B. WEWENANG LINI, STAF, DAN FUNGSIONAL
  1. Wewenang Lini (line authority)
  2. Wewenang Staf (staff authority)
Sumber Konflik Lini-Staff, antara lain;
  • Perbedaan umur dan pendidikan
  • Perbedaan tugas
  • Perbedaan sikap
  • Perbedaan posisi

3. Wewenang Staf Fungsional (fungctional staff authority)


C. DELEGASI

1. Pengertian Delegasi : Delegasi adalah perwakilan atau utusan dengan proses penunjukan secara langsung maupun secara musyawarah untuk mengutusnya menjadi salah satu perwakilan suatu kelompok atau lembaga.

2. Alasan-alasan perlunya pendelegasian

3. Pedoman klasik untuk delegasi efektif
  • Prinsip skalar
  • Prinsip kesatuan perintah
  • Tanggungjawab, wewenang dan akuntabilitas

4. Alasan-alasan manajer gagal mendelegasikan

5. Alasan-alasan mengapa bawahan tidak mau menerima delegasi

6. Teknik melakukan delegasi dengan efektif
  • Tetapkan Tujuan
  • Tegaskan tanggungjawab dan wewenang
  • Berikan motivasi kepada bawahan
  • Meminta penyelesaian tugas
  • Berikan latihan
  • Adakan pengawasan yang memedai


D. SENTRALISASI VS DESENTRALISASI

1. Sentralisasi

a. Pengertian Sentralisasi : Sentralisasi adalah pengaturan kewenangan dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat untuk mengurusi urusan rumah tangganya sendiri berdasarkan prakarsa dan aspirasi dari rakyatnya dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia

b. Kelebihan dan kekurangan Sentralisasi


2. Desentralisasi

a. Pengertian Desentralisasi : Desentralisasi adalah penyerahan kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengurusi urusan rumah tangganya sendiri berdasarkan prakarsa dan aspirasi dari rakyatnya dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

b. Kelebihan dan kekurangan desentralisasi

c. Faktor-faktor yang mempengaruhi derajat desentralisasi
  • Filsafat manajemen
  • Ukuran dan tingkat pertumbuhan organisasi
  • Strategi dan lingkungan organisasi
  • Penyebaran geografis organisasi
  • Tersedianya peralatan pengawasan yang efektif
  • Kualitas manajer
  • Keanekaragaman produk dan jasa
  • Karakteristik organisasi lainnya (biaya, risiko, sejarah organisasi, dsb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *