Lingkungan smart building, juga mulai banyak menggunakan teknologi ini, dengan memanfaatkan smart meter. Dengan smart meter, penggunaan listrik setiap waktu nya dapat langsung diketahui baik oleh konsumen maupun oleh pihak penyedia layanan listrik. Penyedia layanan listrik, dapat menerapkan tarif yang berbeda-beda untuk setiap slot waktu tertentu dalam satu hari. Pada saat-saat tertentu, biasanya saat penggunaan listrik cukup banyak, tarif yang diberlakukan adalah tarif mahal. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat mengalihkan penggunaan listrik pada slot waktu lain, sehingga tidak menumpuk beban nya pada slot waktu tertentu.
Tarif listrik tersebut menerapkan system progresif, artinya semakin banyak penggunaan listrik, maka tarif per kWh juga akan meningkat. Gambar 1 menunjukkan contoh tarif listrik yang bersifat dinamik. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa pada jam 07.00 – 16.00 adalah waktu puncak, di mana pemakaian listrik umumnya meningkat. Pada saat tersebut, tarif dasar listrik yang diberlakukan juga berbeda. Tarif juga bersifat progresif, dalam arti saat penggunaan listrik meningkat maka tariff per kWh juga meningkat.Sebagai contoh pada Gambar 1, penggunaan listrik pada jam 00.00 – 06.00 tarif dasarnya adalah sekitar 20/ kWh. Namun jika penggunaannya sudah mencapai 200 kWh, maka tarifnya menjadi 50/ kWh. Peningkatan tarif per kWh berlaku seiring meningkatnya jumlah pemakaian listrik.
Dengan adanya informasi dari smart meter dan informasi tarif dari penyedia listrik, maka pemilik smart building dapat mengatur penggunaan peralatan listrik di rumahnya agar mendapatkan biaya listrik seminimal mungkin, namun kebutuhannya terpenuhi.Pengaturan yang perlu dilakukan oleh pemilik smart building adalah penentuan kapan suatu peralatan listrik harus dinyalakan, dan kapan harus dimatikan. Sebagai contoh, jika terdapat 23 alat listrik, dan satu slot waktu untuk penentuan on atau off alat listrik adalah 30 menit, maka banyaknya kemungkinan jadwal untuk satu hari adalah:
Gambar 1 : Contoh tarif listrik yang dinamis |
2 dapat dilihat, setiap aktivitas memiliki batasan waktu mulai dan waktu selesai. Oleh karena itu aktivitas tersebut harus dialokasikan di antara batasan waktu tersebut.
Gambar 2 : Contoh persoalan alokasi task |
Spesifikasi Program :
Program mampu membaca input file berisi daftar tarif setiap slot waktu, daftar peralatan listrik konsumen, dan kebutuhan waktu penggunaan alat listrik dengan satuan slot waktu.
2. Program menampilkan hasil penjadwalan dalam visualisasi yang memudahkan pengguna melihat, dengan menampilkan tarif yang dikeluarkan berdasarkan jadwal yang dibuat, dan terlihat alat listrik mana yang mendapatkan alokasi, dan mana yang tidak mendapatkan alokasi.
3 .Setiap kelompok harus menyatakan secara eksplisit semuaspesifikasi detil tambahan yang dibutuhkan.
Lain-Lain :
- Anda dapat menambahkan fitur fungsional lain yang menunjang program yang anda buat (unsur kreatifitas).Sebagai contoh, hasil penjadwalan bisa dilakukan “drag and drop”, dan saat dilakukan terlihat task mana yang dilanggar dan perubahan tarif yang dihasilkan.Jika diperlukan penyederhanaan, jelaskanlah alasannya pada laporan dan deskripsikanlah penyederhanaan yang dilakukan tersebut.
- Program ini harus Anda buat berbasis Graphical User Interface (GUI).
- Tugas dikerjakan per kelompok dengan jumlah anggota adalah 3 orang dan boleh lintas kelas.
- Program harus modular dan mengandung komentar yang jelas.
- Mahasiswa harus membuat program sendiri, tetapi belajar dari contoh-contoh program game serupa yang sudah ada tidak dilarang (tidak boleh mengkopi source code dari program orang lain).
- Pengumpulan paling lambat adalah tanggal 23Februari 2014pukul 7.30. Keterlambatan akan mengurangi nilai.
- Program disimpan di dalam folder StrAlgo1-xxxxx. Lima digit terakhir adalah NIM anggota terkecil. Didalam folder tersebut terdapat tiga folder bin, src dan doc yang masing-masing berisi :
a. Folder bin berisi executable file (exe)
b. Folder src berisi source code dari program
c. Folder doc berisi dokumentasi program dan readme
Folder ini disimpan dalam bentuk CD untuk dikumpulkan bersama berkas laporan dimasukan kedalam amplop coklat. - Semua pertanyaan menyangkut tugas ini harus dikomunikasikan melalui milis agar dapat dicermati oleh semua peserta kuliah IF2211 (milis IF2211@students.if.itb.ac.id.
- Demo program akan dilaksanakan setelah pengumpulan. Jadwal demo akan diumumkan pada saat pengumpulan di Lab IRK. Pengaturan jadwal demo akan dikoordinasikan oleh asisten.
- Tiap anggota harus memahami proses pembuatan program, karena akan ada pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab per individu.
- Pada saat demo, asisten akan memanggil per kelompok sesuai jadwal yang diisi sebelumnya. Kelompok yang tidak berkepentingan dilarang masuk. Demo dilakukan di Lab IRK.
Isi laporan :
Cover : Cover laporan ada foto anggota kelompok (foto bertiga).
Foto ini menggantikan logo “gajah” ganesha.
Bab 1: Deskripsi masalah
Bab 1: Deskripsi masalah
Dapat meng-copy paste file tugas ini
Bab 2 : Dasar teori
Bab 2 : Dasar teori
Berisi deskripsi singkat algoritma greedy.
Bab 3 : Analisis Pemecahan Masalah
Di dalam bab ini diuraikan langkah-langkah pemecahan masalah dengan algoritma greedy. Anda harus menuliskan apa yang menjadi elemen-elemen algoritma greedy-nya pada masalah ini (himpunan kandidat, himpunan solusi, fungsi seleksi, dll). Nilai bonus bagi anda jika dapat membuktikan apakah algoritma Greedy anda itu memberikan solusi optimal dan contoh kontranya (contoh yang tidak selalu memberikan solusi optimal).
Bab 4 : Implementasi dan pengujian.
Bab 4 : Implementasi dan pengujian.
Bab ini berisi:
Bab 5: Kesimpulan dan saran (hasil yang dicapai, saran pengembangan).
Tuliskan juga referensi (buku, web), yang dipakai/diacu di dalam Daftar Referensi.
Keterangan Laporan :
Penilaian :
- Spesifikasi teknis program, termasuk di dalamnya struktur data, fungsi dan prosedur (header fungsi dan prosedur saja, tidak perlu source code), antarmuka, dan lain-lain yang dianggap perlu.
- Capture layar yang memperlihatkan hasil penjadwalan.
- Analisis hasil pengujian.
Bab 5: Kesimpulan dan saran (hasil yang dicapai, saran pengembangan).
Tuliskan juga referensi (buku, web), yang dipakai/diacu di dalam Daftar Referensi.
Keterangan Laporan :
- Laporan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak perlu panjang tetapi tepat sasaran dan jelas.
- Laporan tidak perlu memakai cover mika dan dijilid. Cukup dibuat agar laporan tidak akan tercecer bila dibaca.
- Laporan boleh menggunakan kertas rius, boleh bolak-balik, boleh dalam satu halaman kertas terdapat dua halaman tulisan asalkan masih terbaca.
- Identitas per halaman harus jelas (misalnya : halaman, kode kuliah).
Penilaian :
- Kebenaran program (40%) : program mampu berjalan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan.
- Demo – pemahaman Anda dalam pembuatan program (30%)
- Laporan (20%)
- Interface, features program, dan unsur kreativitas (10%)
Sekian artikel Aplikasi Algoritma Greedy Pada Smart Building Environment.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar