16/06/15

Pengertian, Peran, dan Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi

Pengertian, Peran, dan Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi_

Pengertian, Peran, dan Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi - Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak

1. PENGERTIAN, DAN PERAN KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi :
  • Penyampaian atau pertukaran informasi.
  • Proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.
Peran Komunikasi :
  • Sebagai sarana tercapainya fungsi-fungsi manajemen.
  • Sebagai sarana mencurahkan sebagian besar proporsi waktu

2. PROSES DAN UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI :

Pengertian, Peran, dan Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi 1_


3. KETRAMPILAN DASAR BERKOMUNIKASI
  • Harus mampu saling memahami.
  • Mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan.
  • Mampu saling menerima dan saling mendukung.


4. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN AKURITAS DARI KOMUNIKASI
  • Kesempatan untuk berinteraksi
  • Status hubungan – Misalnya : Diskusi kelompok
  • Kepaduan


5. JARINGAN KOMUNIKASI
  • Jaringan berbentuk lingkaran : masing-masing posisi dapat berkomunikasi secara langsung dengan dua posisi yang lain dalam jaringan tersebut.
  • Jaringan berbentuk rantai : Menunjukkan dua bawahan (A dan E) yang melapor kepada atasan mereka (B dan D), yang selanjutnya oleh B dan D dilaporkan ke C.
  • Jaringan berbentuk bintang : komunikasi harus lewat posisi orang yang berada di tengah (C).
  • Jaringan berbentuk huruf Y : Biasanya terdapat dalam bagian sekretariat dimana surat-surat diterima oleh E, disortir oleh D dan distribusikan oleh C.

GBR BENTUK-BENTUK JARINGAN KOMUNIKASI


6. ALIRAN KOMUNIKASI FORMAL DALAM ORGANISASI
  • Komunikasi dari atas ke bawah : Pemberian pengarahan, instruksi, saran, dsb.
  • Komunikasi dari bawah ke atas : Untuk menyediakan umpan balik, memberikan informasi.
  • Komunikasi horizontal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang sama dalam suatu organisasi.
  • Komunikasi diagonal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang berbeda dan tidak memiliki hubungan wewenang secara langsung.

GBR ALIRAN KOMUNIKASI FORMAL


7. HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
  • Menilai sumber
  • Penyaringan
  • Tekanan waktu
  • Mendengarkan secara selektif
  • Masalah bahasa
  • Perbedaan kerangka acuan
  • Beban komunikasi berlebihan


8. CARA MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI
  • Meningkatkan umpan balik
  • Empati
  • Pengulangan
  • Menggunakan bahasa yang sederhana
  • Penentuan waktu yang efektif
  • Mendengarkan secara efektif
  • Mengatur arus informasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *