1. PENGERTIAN, DAN PERAN KOMUNIKASI
Pengertian Komunikasi :
- Penyampaian atau pertukaran informasi.
- Proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.
Peran Komunikasi :
- Sebagai sarana tercapainya fungsi-fungsi manajemen.
- Sebagai sarana mencurahkan sebagian besar proporsi waktu
- Harus mampu saling memahami.
- Mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan.
- Mampu saling menerima dan saling mendukung.
4. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN AKURITAS DARI KOMUNIKASI
- Kesempatan untuk berinteraksi
- Status hubungan – Misalnya : Diskusi kelompok
- Kepaduan
5. JARINGAN KOMUNIKASI
- Jaringan berbentuk lingkaran : masing-masing posisi dapat berkomunikasi secara langsung dengan dua posisi yang lain dalam jaringan tersebut.
- Jaringan berbentuk rantai : Menunjukkan dua bawahan (A dan E) yang melapor kepada atasan mereka (B dan D), yang selanjutnya oleh B dan D dilaporkan ke C.
- Jaringan berbentuk bintang : komunikasi harus lewat posisi orang yang berada di tengah (C).
- Jaringan berbentuk huruf Y : Biasanya terdapat dalam bagian sekretariat dimana surat-surat diterima oleh E, disortir oleh D dan distribusikan oleh C.
GBR BENTUK-BENTUK JARINGAN KOMUNIKASI
6. ALIRAN KOMUNIKASI FORMAL DALAM ORGANISASI
- Komunikasi dari atas ke bawah : Pemberian pengarahan, instruksi, saran, dsb.
- Komunikasi dari bawah ke atas : Untuk menyediakan umpan balik, memberikan informasi.
- Komunikasi horizontal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang sama dalam suatu organisasi.
- Komunikasi diagonal : Aliran komunikasi dari orang yang memiliki hirarkhi yang berbeda dan tidak memiliki hubungan wewenang secara langsung.
GBR ALIRAN KOMUNIKASI FORMAL
7. HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
- Menilai sumber
- Penyaringan
- Tekanan waktu
- Mendengarkan secara selektif
- Masalah bahasa
- Perbedaan kerangka acuan
- Beban komunikasi berlebihan
8. CARA MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI
- Meningkatkan umpan balik
- Empati
- Pengulangan
- Menggunakan bahasa yang sederhana
- Penentuan waktu yang efektif
- Mendengarkan secara efektif
- Mengatur arus informasi
Sekian artikel tentang Pengertian, Peran, dan Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar