09/06/15

Operasi String, Matematika dan Waktu Pada Java

Operasi String, Matematika dan Waktu Pada Java_

Operasi String, Matematika dan Waktu Pada JavaString adalah kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah metode yang sangat berguna untuk memanipulasi string, misalnya untuk mengkoversi huruf kecil menjadi kapital, memperoleh jumlah karakter dan sebagainya.
  • Metode substring(int indeks)
    Fungsi : menghasilkan objek string yang berisi substring dimulai dari posisi indeks suatu teks
  • Metode substring(int indeksAwal, int indeksAkhir)
    Fungsi : menghasilkan objek string yang berisi substring dimulai posisi indeksAwal hingga posisi indeksAkhir suatu teks
  • Metode charAt(int indeks)
    Fungsi : menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks 
Contoh :
//nama berkas : string1.java
public class string1
{
public static void main(String[] args)
{
String teks=("Belajar Java Itu Mudah");
System.out.println("teks = Belajar Java Itu Mudah");
System.out.println("substring(3) = "+teks.substring(3));
System.out.println("substring(0,3) = "+teks.substring(0,3));
System.out.println("charAt(6) = "+teks.charAt(6));
}
}
Hasil :
teks = Belajar Java Itu Mudah
substring(3) = ajar Java Itu Mudah
substring(0,3) = Bel
charAt(6) = r

  • Metode length()
    Fungsi : menghasilkan jumlah karakter dari suatu teks
  • Metode concat(String kata)
    Fungsi : menghasilkan objek string yang merupakan gabungan dari string kata 
  • Metode replace(char lama, char baru)
    Fungsi : menghasilkan objek string yang berisi string dengan semua karakter dengan huruf lama digantikan dengan karakter huruf baru
Contoh :
//nama berkas : string2.java
public class string2
{
public static void main(String[] args)
{
String teks=("Belajar Java Itu Mudah");
System.out.println("teks = Belajar Java Itu Mudah");
System.out.println("length() = "+teks.length());
System.out.println("concat(, Setuju?) = "+teks.concat(", Setuju?"));
System.out.println("replace('a','A') = "+teks.replace('a','A'));
}
}
Hasil :
teks = Belajar Java Itu Mudah
length() = 22
concat(, Setuju?) = Belajar Java Itu Mudah, Setuju?
replace('a','A') = BelAjAr JAvA Itu MudAh

  • Metode toLowerCase()
    Fungsi : menghasilkan objek string dengan seluruh huruf kecil
  • Metode toUpperCase()
    Fungsi : menghasilkan objek string dengan seluruh huruf kapital
  • Metode trim()
    Fungsi : menghasilkan objek string yang menghilangkan spasi di awal dan diakhir string

Contoh :
//nama berkas : string3.java
public class string3
{
public static void main(String[] args)
{
String teks=("Belajar Java Itu Mudah");
System.out.println("teks = Belajar Java Itu Mudah");
System.out.println("trim() = "+teks.trim());
System.out.println("toLowerCase() = "+teks.toLowerCase());
System.out.println("toUpperCase() = "+teks.toUpperCase());
}
}
Hasil :
teks = Belajar Java Itu Mudah
trim() = Belajar Java Itu Mudah
toLowerCase() = belajar java itu mudah
toUpperCase() = BELAJAR JAVA ITU MUDAH
  • Metode equals()
    Fungsi : membandingkan suatu teks sesuai format
  • Metode equalsIgnoreCase()
    Fungsi : membandingkan suatu teks dengan mengabaikan format

Contoh :
//nama berkas : string4.java
public class string4
{
public static void main(String[] args)
{
String teks=("Java");
System.out.println("teks = Java");
System.out.println("equals(Java) = "+teks.equals("Java"));
System.out.println("equalsIgnoreCase(JAVA) = "+teks.equalsIgnoreCase("JAVA"));
}
}
Hasil :
teks = Java
equals(Java) = true
equalsIgnoreCase(JAVA) = true


OPERASI MATEMATIKA

Kelas Math adalah kelas yang terdapat pada paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika seperti sinus, cosinus, akar, kuadrat, logaritma dan sebagainya.

Kelas Math menyediakan konstanta :

1. Konstanta E : Menyatakan nilai e atau basis logaritma alami. Konstanta ini didefinisikan dengan :
public static final double E = 2.7183;
2. Konstanta PI : Menyatakan nilai yang didefiniskan dengan :
public static final double PI = 3.1415;

  • Metode cos(double a)
    Fungsi : menghasilkan nilai cosine dalam bentuk radian dengan tipe double 
  • Metode sin(double a)
    Fungsi : menghasilkan nilai sine dalam bentuk radian dengan tipe double
  • Metode tan(double a)
    Fungsi : menghasilkan nilai tangent dalam bentuk radian dengan tipe double
Catatan :


Contoh :
//nama berkas : math1.java
import java.io.*;
public class math1
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("Nilai cos(60) = "+Math.cos(60/57.2958));
System.out.println("Nilai sin(30) = "+Math.sin(30/57.2958));
System.out.println("Nilai tan(45) = "+Math.tan(45/57.2958));
}
}
Hasil :
Nilai cos(60) = 0.5000003242746784
Nilai sin(30) = 0.49999983786263447
Nilai tan(45) = 0.9999994383398783

  • Metode log(double a)
    Fungsi : menghasilkan nilai bertipe double yang merupakan logaritma alami
  • Metode ceil(double a)
    Fungsi : menghasilkan nilai bertipe double yang merupakan nilai terbesar 
  • Metode floor(double a)
    Fungsi : menghasilkan nilai bertipe double yang merupakan nilai terkecil

Contoh :
//nama berkas : math2.java
import java.io.*;
public class math2
{
public static void main(String[] args)
{
double a=Math.log(100);
System.out.println("Nilai log(100) = "+a);
System.out.println("Dibulatkan dengan ceil() = "+Math.ceil(a));
System.out.println("Dibulatkan dengan floor() = "+Math.floor(a));
}
}
Hasil :
Nilai log(100) = 4.605170185988092
Dibulatkan dengan ceil() = 5.0
Dibulatkan dengan floor() = 4.0

  • Metode max(tipe a, tipe b)
    Fungsi : menghasilkan nilai terbesar dari bilangan a dan b
  • Metode min(tipe a, tipe b)
    Fungsi : menghasilkan nilai terkecil dari bilangan a dan b
Contoh :
//nama berkas : math3.java
import java.io.*;
public class math3
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("Nilai terbesar dari 4 dan 44 = "+Math.max(4,44));
System.out.println("Nilai terkecil dari 4 dan 44 = "+Math.min(4,44));
}
}
Hasil :
Nilai terbesar dari 4 dan 44 = 44
Nilai terkecil dari 4 dan 44 = 4

  • Metode random()
    Fungsi : menghasilkan nilai bertipe double yang merupakan hasil pembangkitan nilai acak
  • Metode pow(double a, double b)
    Fungsi : menghasilkan nilai bertipe double yang merupakan hasil perpangkatan ab 
  • Metode sqrt(double a)
    Fungsi : menghasilkan nilai bertipe double yang merupakan akar kuadrat dari a

Contoh :
//nama berkas : math4.java
import java.io.*;
public class math4
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("Nilai acak = "+Math.random());
System.out.println("Nilai 25 pangkat 0.5 = "+Math.pow(25,0.5));
System.out.println("Akar dari 25 = "+Math.sqrt(25));
}
}
Hasil :
Nilai acak = 0.10454870453514287
Nilai 25 pangkat 0.5 = 5.0
Akar dari 25 = 5.0


OPERASI TANGGAL

Kelas Date adalah kelas yang berhubungan dengan penanganan informasi tanggal dan jam.

Contoh :
//nama berkas : tanggal1.java
import java.util.Date;
public class tanggal1
{
public static void main(String[] args)
{
String hari[]={"Minggu","Senin", "Selasa",
"Rabu","Kamis","Jumat", "Sabtu"};
Date kini = new Date();
System.out.println("Sekarang Tanggal : "+kini.getDate()+"-"+kini.getMonth()
+"-"+(kini.getYear()+1900));
System.out.println("Hari : "+hari[kini.getDay()]);
}
}
Hasil :
Sekarang Tanggal : 15-11-2008
Hari : Senin

Perhatikan bahwa penampilan tahun dari getYear() perlu ditambah dengan angka 1900

Cara lain untuk menyatakan tanggal adalah dengan menggunakan kelas GregorianCalendar yaitu kelas turunan dari kelas Calendar yang ditujukan untuk menangani pemrosesan tanggal dan jam,

Tabel konstruktor pada kelas GregorianCalendar

KONSTRUKTOR
GregorianCalendar()
GregorianCalendar(int TAHUN, int BULAN, int TANGGAL)
GregorianCalendar(int TAHUN, int BULAN, int TANGGAL, int JAM, int MENIT)
GregorianCalendar (int TAHUN, int BULAN, int TANGGAL, int JAM, int MENIT, int DETIK)

Contoh :
//nama berkas : tanggal2.java
import java.util.*;
public class tanggal2
{
public static void main(String[] args)
{
String hari[]={"Minggu","Senin", "Selasa",
"Rabu","Kamis","Jumat", "Sabtu"};
GregorianCalendar kini = new GregorianCalendar(1945,8,17);
System.out.println("Tanggal sekarang : ");
System.out.println(kini.get(Calendar.DATE)+"-"+
kini.get(Calendar.MONTH)+"-"+
kini.get(Calendar.YEAR));
kini.add(Calendar.DATE,7);
System.out.println("Seminggu kemudian : ");
System.out.println(kini.get(Calendar.DATE)+"-"+
kini.get(Calendar.MONTH)+"-"+
kini.get(Calendar.YEAR));
}
}
Hasil :
Tanggal sekarang :
17-8-1945
Seminggu kemudian :
24-8-1945


LATIHAN

1. Buat program dengan input untuk menghitung jarak lintasan peluru dengan rumus :
Jarak = 2 * Vo2 * sin a * cos a / g
Jika diketahui :
  • Vo adalah kecepatan tembak
  • a adalah sudut elevasi
  • g adalah gravitasi (konstanta 9,8)
2. Buat program untuk mencari kata apakah POLINDROM atau tidak. Misalnya :
  • TAAT = TAAT : POLINDROM
  • KASUR = RUSAK : bukan POLINDROM
3. Buat program untuk menghitung selisih hari
  • Tanggal sekarang : 15-12-2008
  • Tanggal nanti : 18-12-2008
  • Selisih hari : 3

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *